Home > Java Script, PHP, Tips > Menggambil Username E-Mail dengan Fungsi Explode

Menggambil Username E-Mail dengan Fungsi Explode


Hampir dua bulan lebih saya tidak menulis di blog ini, kangen juga untuk menulis dan membagi apa yang saya tahu kepada yang lain. Kesibukan kerja membuat sedikit waktu yang tersisa untuk sekedar mengupdate blog ini *gaya🙂

Baiklah ditulisan perdana saya di bulan Juli ini, saya awali dengan menjelaskan bagaimana cara mengambil username dari sebuah email dengan menggunakan fungsi explode di php.

contoh :
$email= admin@info.com;
$username=explode(“@”,$email);
=> admin

$email= admin.info@web.com;
$username=explode(“@”,$email);
=> admin.info

Kasus yang saya alami sehingga saya harus mencari tahu pemenggalan username dari sebuah alamat email adalah ketika saya menambahkan plugins YM Online status di Web Replicate para member yang data emailnya merupakan hasil fetching dari data member.

Dan ternyata saya baru mengetahui bahwa penulisan username untuk YM Online status adalah pengiriman usernamenya saja tanpa ada embel  – embel @yahoo.com dibelakangnya.

penggalan script YM online status yang benar :
<a href=”ymsgr:sendIM?erros_unix”>
dan bukan
<a href=”ymsgr:sendIM?erros_unix@yahoo.com”>

Sehingga ketika saya mem-fetching array dari query tabel member, saya harus memenggal kata usernamenya saja kemudian taro di variabel $email dan kirim sebagai parameter ID YM dari masing – masing member.

Semoga Bermanfaat

Categories: Java Script, PHP, Tips Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

