Home > Mysql, PHP, Tips, Tutorial > Model Sederhana Eksport – Import Data MYSQL dengan PHP

Model Sederhana Eksport – Import Data MYSQL dengan PHP


Contoh Form Eksport Data

Contoh Form Eksport Data

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana membuat program sederhana Eksport dan Import data. Tutorial ini dibuat berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika harus membuat model eksport data dari cabang untuk dikirimkan ke kantor pusat dan diproses dipusat. Metode yang saya gunakan disini modelnya insert field satu per satu,  jadi kita deklarasikan dahulu semua field yang diperlukan dari mulai proses eksport hingga nanti proses insert di pusat.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengeksport data yang ditandai dengan memilih periode dari tanggal penjualan yang ada, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir penjualan dan kemudian mengklik tombol proses. Pada proses eksport data ini saya menggunakan metode ajax, dimana proses membentuk query dan disimpan dalam bentuk txtfilenya dilakukan di sisi server yaitu di file eksportData.php.

File text yang terbentuk langsung diubah dalam bentuk file ZIP dan  diberi nama berdasarkan tanggal awal dan akhir periode penjualan yang kita pilih. Misalkan kita memilih 1 Agustus 2009 – 31 Agustus 2009 maka akan terbentuk file dengan nama 20090801_20090831.zip dan sebagainya. Setelah selesai mengeksport data, kita akan beralih ke model import data.

Disini kita akan mengupload file txt yang telah dieskport tadi. Di dalam proses import ini saya membuat validasi untuk mengecek terlebih dahulu apakah data yang diimport itu sudah ada atau belum. Jika sudah maka akan ada pemberitahuan “Maaf Data Periode 1 Agustus 2009 sampai 31 Agustus 2009 sudah ada !” Tujuannya jelas untuk menghindari duplikasi data akibat kelalaian si user ketika mengimport data.

Contoh Form Import

Contoh Form Import

Contoh tutorial saya ini hanya mengeksport satu tabel saja yaitu sales_produk_header. Lalu bagaimana kalo dua atau tiga tabel lebih ? ya tinggal dimodifikasikan saja sesuai keperluan. Misalkan selain table header harus ada tabel detailnya juga yang diimport, ya tinggal kita bikin validasi apakah kedua tabel tersebut sudah diproses kedua – duanya ? seperti itu. Jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan disini atau mungkin ada cara yang lebih gampang dan mudah ? Boleh juga share disini. Maklum saya pun masih dalam tahap belajar dan memahami.

Source Code bisa diunduh disini

Semoga Bermanfaat

Categories: Mysql, PHP, Tips, Tutorial Tags: ,
  1. Gecko
    October 21, 2009 at 11:00 am

    Good job. Format yg lazim untuk ini biasanya gzip. Trus untuk alasan security biasanya data diencode dulu sebelum dikompress

    • erroz
      October 21, 2009 at 11:01 am

      Yup mas, ini yang pernah saya tanyakan ke mas waktu itu he2x..

  2. artzan
    February 2, 2011 at 2:13 am

    link download mati om…..

  3. November 9, 2011 at 6:17 am

    maaf newbie .. sy dah keliling google berhari” tuk nyari tutorial seperti ini … begitu ketemu disini link unduhnya dah g bisa dibuka …

    bisa minta tolong dikirimkan ke email saya ? mardhie@gmail.com

    trims sebelumnya

  4. doni
    February 28, 2012 at 2:15 am

    mas link donload nya g bisa bisa g tolong kirim filex ke email saya :
    enggang_doni@yahoo.co.id
    makasih y mas……………

  5. May 23, 2012 at 9:02 pm

    LInknya dah error mas. bisa minta linknya dong. terima kasih

  6. anwar
    July 23, 2012 at 5:19 am

    source codenya kok gak bisa di download mas, tks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: